Senin, 01 Januari 2018

Catatan Akhir Tahun 2017 Pendidikan Nonformal bagian 3

Artikel Terkait

Catatan Akhir Tahun 2017 Pendidikan Nonformal bagian 3
www.paketc.online


Tahun 2017 adalah tahun yang penuh inovasi bagi pendidikan nonformal. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat menggulirkan ide-ide kreatif tentang pembelajaran online.
Penulis sempat mengikuti beberapa kali pembelajaran online yang diselenggarakan oleh PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat dan Jawa Tengah. UPT Jawa Barat dengan Kursus Humas dalam Jaringan dan beberapa shortcourse daring oleh UPT Jawa Tengah.

Penyelenggaraan oleh kedua UPT ini memiliki kesamaan yaitu mengandalkan aplikasi webex. Pengalaman penulis, aplikasi webex ini sangatlah mumpuni untuk kegiatan daring. Langkah tepat dan strategis yang dilakukan oleh para UPT ini.

Model pembelajaran yang dikembangkan UPT memang bisa diakses dan sekaligus dimodifikasi oleh satuan pendidikan. Kelemahannya adalah untuk menggunakan aplikasi webex memerlukan biaya yang cukup besar. Barangkali ini bukan masalah bagi lembaga yang sudah mandiri dari aspek keuangan. Bagaimana dengan satuan pendidikan nonformal yang minim?

Satuan pendidikan nonformal bisa menggunakan medsos sebagai alternatif webex. Penggunaan jalur streaming video via Facebook, barangkali bisa menjadi opsi bagi pengelola satuan. Biaya penyewaan aplikasi bisa ditekan hingga nol rupiah. Kelemahannya peserta tidak bisa menampilkan wajahnya karena keterbatasan fitur ini. Beda dengan webex, narasumber, peserta, dan moderator bisa saling melihat wajah masing-masing.

So, siapkah satuan pendidikan nonformal (PKBM/SKB) menyongsong era daring?

Wallahu a'lam bish-shawabi

Tidak ada komentar: