Jumat, 30 Desember 2016

KILAS BALIK PENDIDIKAN NONFORMAL DI TAHUN 2016

Artikel Terkait

*KILAS BALIK PENDIDIKAN NONFORMAL DI TAHUN 2016*
Sepanjang Tahun 2016 adalah masa-masa pendidikan nonformal merasakan dan memahami pentingnya internet dalam aktifitas sehari-hari. Pendidikan kesetaraan sebagai salah satu program dalam pendidikan nonformal mempunyai catatan tersendiri dalam perjalanannya. Tercatat beberapa alamat situs yang bersinggungan langsung dengan penggiat pendidikan kesetaraan.

Memasuki tahun 2017  pendidikan kesetaraan akan memulai  babak baru yaitu UNBK. Seperti kita tahu, UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah UN dengan menggunakan komputer yang dilengkapi perangkat lunak (software) yang khusus dikembangkan untuk Ujian Nasional dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis. UNBK Tahun 2017 merupakan UNBK rintisan bagi pendidikan kesetaraan paket A, Paket B, Dan Paket C. Untuk tahun 2017, UNBK diperuntukkan bagi lembaga yang sudah siap baik sarana prasarananya maupun peserta didiknya.

Kemudian pendataan Dapodikmas akan menjadi tantangan positif bagi PKBM untuk menjadi lembaga *bermutu* yang berkarya, berbakti, dan lebih peduli. Operator PKBM memasukkan dan mengolah data-data peserta didik, tenaga pendidik (Tutor), Dan tenaga kependidikan. FYI, selama ini data tentang pendidikan nonformal tidak terarsip dengan baik sehingga seringkali menyulitkan bagi pembuat kebijakan untuk merancang program-program peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga pendidik.

Lalu dalam pengarsipan digital atau yang lebih dikenal dengan Digitalisasi ijazah barangkali menjadi isu yang tidak kalah penting pada tahun depan. Digitalisasi akan memudahkan penyimpanan arsip karena tidak memerlukan tempat dan ruangan tertentu serta melindungi arsip dari kerusakan maupun penyebab lain seperti kehilangan atau terselip. Dalam hal ini PKBM bisa memanfaatkan penyimpanan awan seperti Google Drive atau lainnya.

Tutor Pendidikan Kesetaraan tentunya wajib meng-upgrade juga keterampilan di bidang TIK. Dalam kaitannya dengan dapodikmas, Tutor juga bertanggung jawab dan harus terlibat aktif dalam validasi data yang masuk ke dapodikmas. Sehingga masing-masing tutor secara detail dan lengkap memberikan datanya kepada operator untuk pengisian dapodik. Selanjutnya tutor tersebut juga dapat melakukan pengecekan valid atau tidaknya data yang telah diinput operator tersebut secara online

Barangkali hal di atas menjadi bahan evaluasi bagi kita semua. Kebijakan strategis yang menguatkan Pendidikan nonformal sangat diperlukan dalam upaya memberikan layanan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat. Aamiin

Catatan Akhir Tahun
Oleh LILIK SUBARYANTO
Ketua Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (FTPKN) Provinsi DKI Jakarta
KOMINFO DPP FTPKN
Sekjen Forum Komunikasi Tutor Pendidikan Keaksaraan (FKTPK) PUSAT

*Alamat alamat dunia Maya yang wajib diketahui oleh insan pendidikan nonformal*
‌Input data melalui aplikasi android bagi Tutor Pendidikan Kesetaraan
        http://bit.ly/2ixmUk4
‌Pendataan GTK yang telah mengikuti diklat
        http://enviro.bangsawancyberindo.co.id
‌pembelajaran online Pendidikan Kesetaraan
https://kemdikbud-kesetaraan-online.web.id/login/index.php

‌Dapodikmas
https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodikmas/

‌Rekap dapodikmas
https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/mdikmas/index.php?r=rekap/perprov
‌Portal Resmi Mengecek dan mencari NISN :http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data atau
       http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home
‌ web untuk Cek Status NUPTK :http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/StatusSitus
‌ Referensi Data PTK/GTK :http://referensi.data.kemdikbud.go.id/dashboardptk/home.php?id=10Tempat
‌pendataan pendidikan kesetaraan (8355) untuk Provinsi DKI Jakarta kesetaraan.pdsip.info/index.php
‌Situs memeriksa PIP KEMENDIKBUD
http://pip.kemdikbud.go.id:8080/sipintar/home

Tidak ada komentar: