Minggu, 29 Januari 2017

2 UJIAN YANG (AKAN) DILALUI PKBM

Artikel Terkait

2 UJIAN YANG AKAN DILALUI PKBM

Ujian yang pertama dikenal dengan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan, atau dikenal dengan UNPK. UNPK itu terbagi 2 jenis yaitu UNKP dan UNBK. UNKP adalah Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil sedangkan UNBK adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer. Kedua ujian ini diselenggarakan oleh Pemerintah (pusat)

Ujian yang kedua adalah Ujian Sekolah, dalam istilah pendidikan nonformal dikenal dengan nama UPK yaitu Ujian Pendidikan Kesetaraan. UPK  ini dapat dilaksanakan berbasis Komputer bagi PKBM yang memiliki sarana yang memadai dan dapat pula dilaksanakan berbasis kertas dan pensil (manual).

Ujian yang pertama, UNPK dan UNKP,  telah memiliki POS UN yang baru saja terbit dan bisa didownload di sini

KLIK DI SINI

Dan UNPK dan UNKP sudah juga memiliki kisi-kisi nya bisa di download di sini

KLIK DI SINI

Bagaimana dengan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK)? Apakah sudah memiliki POS dan kisi-kisi UPK?

*Jawabannya belum.*

Karena analoginya adalah siapa yang menyelenggarakan suatu ujian maka sang penyelenggaranyalah yang menyusun POS dan Kisi-kisi. Menurut Permendikbud nomor 3 tahun 2017, penyelenggara UPK adalah satuan pendidikan nonformal, dalam hal ini PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dan SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) yang telah beralih fungsi menjadi satuan pendidikan. Apakah PKBM dan SKB sudah membuat POS dan Kisi-kisi?
Jawabannya belum (lagi).

Melihat fenomena di atas , pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan berupaya membantu satuan pendidikan nonformal dengan menyusun POS dan Kisi-kisi UPK. Dan kemungkinan ini (POS UPK) akan dilegalisasi dalam bentuk Perdirjen ( Peraturan Direktur Jenderal).

Penulis sangat mengapresiasi langkah yang ditempuh oleh pemerintah untuk menjembatani satuan pendidikan nonformal dalam penyediaan POS dan Kisi-kisi UPK untuk tahun ini. Semoga ini menjadi momentum bagi satuan pendidikan nonformal untuk bersiap menjadi lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Sesuai moto PKBM, berkarya, berbakti, dan peduli.

POS UPK yang bisa dimodifikasi bisa di download di bawah ini

KLIK DI SINI

Silakan berkreasi dengan POS yang ada, sesuaikan dengan kondisi lapangan.

Wallahu a'lam bish-shawabi

Tidak ada komentar: